Salakkembang, 20 Februari 2020 – Kegiatan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS tersebut dilaksanakan pukul 09.00 -11.00 WIB bertempat di balai desa Salakkembang. Kurang lebih sekitar 20 remaja yang hadir dalam acara sosialisasi tersebut. Pemateri dalam acara tersebut langsung dari pihak PUSKESMAS Tunggangri.

Secara umum kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian  generasi muda terhadap isu HIV-AIDS dan untuk menghilangkan stigma dan diskriminasi di Kabupaten Tulungagung.

Adapun tujuan khusus dari kegiatan itu, yaitu:

  1. Untuk meningkatkan kebersamaan dari seluruh pemangku kepentingan untuk melakukan percepatan pencapaian program HIV AIDS dan PIMS.
  2. Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam mencegah dan menanggulangi HIV-AIDS dan Penyakit Infeksi Menular Seksual (PIMS).
  3. Untuk menormalisasi isu HIV-AIDS, agar masyarakat mempunyai persepsi yang lebih positif, sehingga dapat menurunkan stigma dan diskriminasi.
  4. Untuk meningkatkan kepedulian masyarakat untuk memahami pentingnya melakukan tes HIV dan pengobatan ARV bagi ODHA secara dini.

Virus dalam penyakit AIDS adalah HIV atau Humman Immunodeficiency Virus. HIV adalah virus yang melemahkan sistem kekebalan pada tubuh manusia. Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik ataupun mudah terkena tumor. Perlu kamu ketahui bahwa HIV dan AIDS memiliki arti yang berbeda.

AIDS adalah penyakitnya, sedangkan HIV adalah virus yang menyebabkan AIDS. Bisa dikatakan positif AIDS jika HIV telah berhasil merusak sistem kekebalan tubuh manusia.

Didiagnosa menderita HIV bukan berarti seseorang memiliki AIDS atau mereka akan meninggal. Penularan HIV tidak melalui air liur, keringat, sentuhan, ciuman, gigitan nyamuk atau bekas toilet.

Penularan HIV terutama berasal dari kontak cairan tubuh seperti darah dan sperma melalui perilaku seksual dan penggunaan jarum suntik. Dalam upaya pencegahan HIV, terdapat beberapa hal yang perlu diingat oleh masyarakat.

Galeri

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?