Cuci tangan merupakan langkah mudah dan aman untuk melindungi diri dari virus corona COVID-19, tetapi tidak banyak yang tahu bagaimana cara mencuci tangan yang benar. Berikut tata cara mencuci tangan yang baik dan benar:

  1. Basahi tangan dengan air dan ambil sabun secukupnya
  2. Gosokkan kedua telapak tangan hingga ke sela-sela jari
  3. Jangan lupa bagian belakang jari pakai teknik mengunci
  4. Bersihkan juga bagian jempol luar dan dalam
  5. Basahi tanganmu dengan air bersih untuk membilas sabun
  6. Keringkan tangan dengan handuk. Jangan lupa keringkan karan air.

 

Bagi Anda yang pernah berkunjung ke negara dengan virus corona COVID-19, selain perlu mengikuti 6 panduan di atas, Anda juga perlu melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Tetap di rumah jika Anda mulai merasa tidak sehat, bahkan dengan gejala ringan seperti sakit kepala dan hidung meler. Menghindari kontak dengan orang lain dan mengunjungi fasilitas medis akan memungkinkan fasilitas ini beroperasi lebih efektif dan membantu melindungi Anda dan orang lain dari kemungkinan COVID-19 dan virus lainnya.

2. Jika Anda mengalami demam, batuk, dan sulit bernapas, segera kunjungi fasilitas medis karena ini mungkin disebabkan oleh infeksi pernapasan atau kondisi serius lainnya. Hubungi fasilitas medis sebelum dan beri tahu penyedia Anda tentang perjalanan atau kontak terbaru dengan pelancong.

Menelepon terlebih dahulu akan memungkinkan penyedia layanan kesehatan Anda dengan cepat mengarahkan Anda ke fasilitas kesehatan yang tepat. Ini juga akan membantu mencegah kemungkinan penyebaran COVID-19 dan virus lainnya.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?