Senin, 3 Maret 2020 – Posyandu Balita dilaksanakan setiap satu bulan sekali. Bertempat di balai desa Salakkembang, posyandu 1 diadakan. Sedangkan untuk pos 2 bertempat di dusun Kembangan. Mulai pukul 09.00 WIB posyandu sudah dibuka, para ibu-ibu kader sudah siap dengan tugasnya masing-masing. Di posyandu, kader yang merupakan salah satu petugas kesehatan terlatih akan memberikan pelayanan untuk balita seperti penimbangan berat badan, pengukuran panjang badan, pengukuran lingkar kepala dan SDIDTK (pemeriksaan secara dini tumbuh kembang) balita guna melakukan pemantauan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.

Pemeriksaan ini dilakukan mulai dari balita berumur satu bulan guna melakukan pemantauan komprehensif secara dini agar bisa dimonitor apakah ada kelainan atau penyimpangan pada pertumbuhan dan perkembangan balita. Perlu diketahui bahwa pertumbuhan dan perkembangan mengalami peningkatan yang pesat pada usia dini yaitu umur 0 sampai 5 tahun, dimana pada rentang umur ini, perkembangan anak mencapai 50% dari seluruh perkembangannya yang akan mencapai 100% pada umur 18 tahun.

Posyandu juga melayani pemberian imunisasi secara gratis kepada balita. Pemberian imunisasi adalah pemberian vaksin dari agen infeksi seperti virus atau bakteri yang dilemahkan untuk menstimulasi system imun dalam tubuh agar menghasilkan antibody terhadap agen infeksi tersebut dalam waktu yang cukup lama. Pada masa awal kehidupannya, bayi sangat rentan terkena penyakit seperti saluran pernapasan akut, Polio, kerusakan hati, Tetanus, campak dan banyak lagi.

Semua balita selayaknya mendapatkan pelayanan untuk mendapatkan tumbuh kembang dan kesehatannya secara optimal. Disinilah keluarga terutama orang tua, berperan untuk membantu mereka mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan yang baik. Ibu dapat membawa balitanya ke posyandu setiap bulan secara rutin untuk memeriksakan balitanya. Ibu biasanya akan mendapatkan buku KIA sebagai sarana untuk membantu para ibu di posyandu mencatat dan memonitor perkembangan balita mereka setiap bulannya.

Luangkan atau kosongkan waktu anda untuk memeriksakan balita anda ke posyandu sesuai dengan jadwal posyandu diadakan di wilayah tempat tinggal anda agar mendapatkan pelayanan dan pemantauan terhadap pertumbuhan dan perkembangannya.

Ayo, periksakan balita anda ke posyandu secara rutin sejak usia balita dini.

 

 

Galeri

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?